Dibayar 200 Juta Lebih ? Pengalaman Dengan Yippi

Dibayar 200 Juta Lebih ? Pengalaman Dengan Yippi

Hai lagi. 

Disclaimer : Semua yang sampaikan dalam tulisan ini merupakan pengalaman pribadi yang tidak terjadi pada orang lain dan tanpa rujukan dari pihak manapun. Adapun beberapa materi yang saya muat merupakan hasil tangkapan dari situs lain yang berkaitan dengan naskah saya. 


Jika sebelumnya saya membahas mengenai Live Stream di Yippi yang bisa anda temui dibawah ini 

Cara Live Stream di Yippi via PC

Kemudian mengenai pembayaran dan pencairannya yang saya bahas melalui artikel dibawah ini 

Cara penarikan Ka$h di ATM Lokal

Silahkan dibaca jika diperlukan

Disini saya sama sekali tidak membahas perihal Investasi yang juga ada di Yippi.

Untuk artikel kali ini, saya lebih berfokus pada cerita yang mungkin akan cukup panjang, namun anda bisa mengakses setiap partnya melalui table of content di samping bawah judul disebelah kanan. Akan tetapi lebih baik untuk membacanya dari awal hingga akhir secara beruntut.

Sebelumnya, saya merupakan salah satu Sticker creator di platform LINE dan koleksi stiker saya bisa anda temukan selengkapnya melalui link dibawah ini. 

Ichi Hikaru LINE Sticker Collections

Silahkan download dan gunakan untuk chat di LINE dengan teman-teman anda. Sekarang anda pun bisa menggunakan fitur Premium untuk bisa mendownload ratusan ribu set sticker Gratis.

Lanjut

Apa itu Yippi

Yippi merupakan sebuah platform sosial media asal Malaysia yang dimiliki oleh Toga Limited yang juga mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2018 dengan nilai investasi sebesar 50 juta USD atau sekitar 726 Miliar Rupiah untuk ekspansi di Indonesia. 

Saya diperkenalkan dengan Yippi April 2019 oleh seorang rekan di Jakarta saat menghadiri acara yang digelar oleh Katapel Bekraf kala itu untuk memfasilitasi kreator muda memasarkan IP secara Global.

Sehingga beberapa Kreator Sticker LINE pun hadir disana untuk mengikuti acara yang digelar selama 5 hari. Dan karena rentang acara yang cukup lama itulah yang membuat saya dan rekan saya itu menjadi sedikit lebih dekat yang sebelumnya hanya sebatas saling tau.

Rekan saya nanya kala itu "Bro, tau Yippi belom?" 

Kemudian obrolan berlanjut dengan ceritanya yang bilang bahwa kita bisa juga jualan sticker di Yippi dan dibayar. Sticker kita akan dihargai USD 0.9 kalau tidak salah dan kalau hasil download tidak sampai 1,6 juta dalam sebulan, maka akan ada kompensasi untuk menggenapi 1,6 juta. Jadi kita kreator akan dibayar sebesar 1.6 juta rupiah setiap bulan. Dan saya tidak tertarik kala itu karena memang fokus saya saat itu adalah bagaimana caranya mengembangkan IP dan membangun tim sesuai dengan apa yang saya sedang pelajari di Katapel. 

Sehingga saya meminta pacar saya kala itu untuk mencoba yang siapa tau memang ada duitnya. Sementara saya hanya mendownload aplikasi Yippi dan register disana untuk melihat bagaimana system jualan dan berapa harga sticker dan juga sticker apa saja yang sudah ada disana.

Dan benar saja, stiker rekan saya sudah ada disana bahkan mennjadi banner promosi. Ada juga sticker Ria ricis kala itu dengan harga $1.9 kalau tidak salah karena animasi. Yang esoknya saya cek sudah menjadi gratis.

Singkat cerita pacar saya mencoba untuk submit kala itu dan harus mengisi beberapa form yang salah satunya adalah KTP dan data bank lokal yang kita miliki di Indonesia untuk menerima pembayaran.

Namun ada yang berbeda disana. Pada form persetujuan, program kompensasi sudah tidak ada.


Fitur

Sebagai sosial media, Yippi menawarkan beragam fitur layaknya sosial media pada umumnya seperti Chatting dan Group chat serta update status dan berbagi foto. namun tidak hanya itu, Yippi juga dilengkapi dengan fitur belanja, booking hotel dan banyak lagi lainnya.

Berbeda dari sosial media lain, Yippi pun menawarkan banyak keuntungan untuk pengguna aplikasi mereka, selain bonus referral ada pula tip yang bisa didapatkan oleh pengguna dengan level tertentu.

Selain dari keuntungan untuk user, Yippi sangat sangat merekomendasikan penggunanya untuk menjadi lebih dari sekedar pengguna, yakni dengan meningkatkan level dengan meningkatkan jumlah follower. Kala itu ada level bintang satu hingga bintang 3 yang kemudian menjadi level V berwarna ungu.Pengguna menyebutnya level terong.

Dimana di level ini pengguna sudah memenuhi syarat untuk menerima bonus berupa Tip Box yang mana pengguna lain bisa memberikan tip pada unggahan-unggahannya di sosial media Yippi.

Selain itu pula, ada fitur Incubator dimana disinilah mereka membuka platform khusus untuk kreator. Dan dalam hal ini saya khusus membahas Sticker Creator yang mana fitur Incubator tidak hanya itu.

Awal dikenalkan dengan Yippi Incubator Programm ini baru dibubka dan itu tertulis di perjanjian yang harus kreator tanda tangani sebagai persetujuan kontrak. Dan disana tertulis salah satu point yang penting adalah bahwa setiap satu set sticker dihargai 1.5 juta untuk non animasi dan 2.5 juta untuk sticker animasi.

Dan disaat itu pula saya tertarik karena dengan model pembayaran seperti itu, saya tidak peduli apakah stiker saya ada yang download ataupun tidak.

Submitlah saya satu stiker pertama sebagai percobaan sekaligus syarat pendaftaran kala itu.

Dan saat itu sticker submission, pendaftaran semua di proses melalui email dan semua diproses satu persatu. Tidak seperti umumnya platform submission yang dimana sudah ada halaman khusus yang bisa diakses untuk iniput data secara mandiri oleh pengguna.

Prosesnya manual satu persatu, setelah menanyakan informasi pendaftaran melalui email dengan menyertakan satu set sticker, ada hal lain yang diminta yakni data pendukung seperti profil artist, banner artist dan dokumen penyerta serta mereka mengirimkan surat kontrak yang harus ditanda tangani.


Pelayanan

Pelayanan Yippi terbilang cukup mudah saat ini dimana semua keluhan terkait aplikasi dan bug bisa dilaporkan melalui Customer Service yang bisa di akses melalui halaman profil pada jam kerja. Dan semua masalah terkait akun akan lebih cepat ditanggapi.

Berbeda dengan saat saya mendaftar sebagai kreator, meskipun kemdahan tetap sama, saat itu semua keluhan dan pertanyaan bisa diakses melalui email dan butuh waktu yang cukup lama untuk mendapat tanggapan. Mungkin karena memang banyak juga yang kirim email ke mereka.

Singkat cerita submission pertama saya berhasil disetujui.


Approval

Proses approval sticker saat ini membutuhkan waktu setidaknya 3 hari kerja setelah creator men-submit sticker melalui platform sticker Yippi yang bisa diakses melalui link dibawah ini

Yippi Sticker

Dengan catatan anda sudah terdaftar sebagai pengguna aktif di Yippi. Serta perlu diperhatikan bahwa tidak ada pemberitahuan apakah sticker diterima atau ditolak yang dikirim ke email maupun di aplikasi Yippi. Semua pemberitahuan hanya akan muncul di notifikasi di halaman dasbor panel Yippi Sticker. Jadi pastikan login ke halaman Sticker secara berkala untuk melihat pemberitahuan.

Berebeda saat awal Incubator Programm, prosese review memang tidak menentu namun semua hasil review akan diinformasikan melalui email creator lengkap dengan alasan jika ada salah satu sticker yang ditolak dan mereka bahkan menunjukan detail dengan rinci. 

Dan singkat cerita sticker pertama saya diterima. Sebelum itu sticker pacar saya sudah terlebih dulu diterima dan sudah dipersiapkan proses pembayaran.

Dan untuk bisa memulai proses pembayaran, creator harus membuat invoice sebagai tagihan ke departemen pembayaran. Dan disitulah saya dikenalkan pacar saya kala itu dengan satu website bernama Waveapps.com sebagai media untuk membuat invoice professional.


Pembayaran

Pembayaran Yippi saat ini hanya menggunakan Ka$h dimana pengguna harus memiliki akun Ka$h sebagai media pembayaran yang bisa diakses melalui aplikasi Yippi atau aplikasi Ka$h dengan biaya pendaftaran sebesar $20 yang akan otomatis dipotong saat terjadi pembayaran pertama kali. Selanjutnya tidak dikenakan biaya dan bisa dicairkan melalui semua ATM berlogo Mastercard di seluruh Indonesia.

Selengkapnya bisa anda temukan informasinya di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Penarikan saldo Ka$h di ATM lokal.

Berbeda dengan dulu dimana creator harus membuat Invoice penagihan melalui situs yang saya sebut diatas. Dan untungnya layanan web tersebut gratis.

Dan keuntungan lain adalah web tersebut sekaligus berfungsi sebagai pembukuan dimana semua transaksi akan direkam dan ter-pampang di halaman dasbor. Seperti ini misalnya


Apa yang anda lihat diatas adalah total pembayaran yang saya terima melalui invoice dalam waktu 5 bulan yakni Mei 2019 hingga Oktober 2019.

Disana tertulis "Overdue" karena sebenarnya web tersebut memberikan fitur penagihan otomatis, namun karena saya tidak mau melibatkan layanan pihak ketiga dalam menagih pembayaran, Invoice saya download kemudian saya kirim via email ke pihak Yippi.

Sementara untuk pembayaran Tip tidak melalui Invoice karena mereka akan memproses secara otomatis setelah proses perhitungan Tips dilakukan setiap akhir bulan dan dibayarkan satu minggu setelahnya atau 7 hari terhitung sejak tutup buku.

Dan meskipun pendapatan Tip merupakan hasil pengguna memberi support seikhlasnya, namun nominal yang dihasilkan dalam satu bulan pun tidak serta merta seikhlasnya. Berkisar 5 hingga 20 juta.

Memang tidak cukup besar jika dibandingkan dengan penghasilan Youtuber saat ini yang bisa mencapai Miliaran dalam sebulan, namun hanya dengan bersosial media dan buat konten stiker, segitu ya lumayan, bisa beli iPhone.

Event

Ada begitu banyak event di Yippi seperti Stardays dll dan event tahunan untuk para creator pun ada denganhadiah 100 juta untuk juara pertama dan 50 juta untuk hadiah kedua dan 30 juta untuk hadiah ketiga serta hadiah hiburan untuk urutan hingga 50. Ini hanya untuk event sticker. 

Di tahun 2019 bahkan ada hadiah Top Weekly Sticker dengan hadiah langsung 1.4 juta rupiah untuk creator yang stickernya paling banyak di download. Namun program tersebut ditutup di tahun 2020 karena terindikasi ada kecurangan.

Kemudian digantikan dengan Rank Point dimana Rank Point ini akan membuka level creator untuk bisa memperoleh subscriber.

Dan untuk event tahunan yang digelar tahun 2020 ada perubahan dimana hadiah utama hanya senilai 50 juta plus kontrak yang saya tidak tau seperti apa. Dan di tahun itu juga saya masuk ke juara favorit yang di isi oleh beberapa orang saya lupa, lebih dari 10 sepertinya dengan masing-masing mendapat hadiah Drawing Tablet seharga 5.8 juta rupiah.




Jika di cek di pasaran marketplace lokal, tablet ini dibandrol dengan harga mulai dari 7 jutaan dan Pre-Order. 

Tapi untuk anda yang berminat, ada toko di tokopedia yang menjual Tablet ini dengan harga yang jauh lebih murah dan link bisa anda temukan dibawah ini.

Bosto Drawing Tablet 16HD Murah

Iya, itu toko saya. Silahkan di order. Tidak terpakai.


Program

Yippi selalu menawarkan program baru yang tentunya menarik untuk di ikuti, bagi yang mau. 

Salah satunya Live Stream dengan hadiah sebesar 1.3 juta selama 10 bulan, sehingga dengan kata lain pengguna bisa dapat Gajian dari Yippi setiap bulan berupa Yipps.

Betul, Yipps merupakan mata uang yang digunakan oleh Yippi untuk bertransaksi di dalam aplikasi. Dan Yippi sudah bekerja sama dengan banyak merchant sehingga selain untuk transaksi di aplikasi Yipps juga bisa ditukar dengan banyak macam hal. Di Malaysia Yipps bisa digunakan untuk bayar PDAM, Listrik, Air hingga tagihan Internet. Namun untuk di Indonesia penggunaanya masih terbatas, sejauh ini bisa digunakan untuk isi ulang pulsa. 

Dan terkait soal program, Yippi sering sekali membuat program baru yang inovatif dan bisa diikuti oleh semua pengguna Yippi dan sudah pasti menguntungkan. 

Namun untuk creator saya rasa program mereka sudah tidak menarik seperti dua tahun yang lalu.

Semenjak November 2019, Yippi menghentikan pembelian sticker dari creator dengan alasan yang tidak diketahui. Mungkin karena pada tahun tersebut ada banyak sekali creator bermunculan sehingga sticker yang bisa digunakan sudah sangat banyak. Ditambah lagi saat digelar event tahunan yang saya sebut diatas dengan hadiah 100 juta, banyak sekali partisipan baru yang tentunya membuat Yippi merasa target mereka sudah tercukupi. 

Dengan begitu mereka menyatakan secara resmi menghentikan pembelian sticker dan mengumumkan program baru di awal tahun 2020 yang sekaligus menjadi awal dari system point.

Di program baru yang masih berjalan hingga saat ini, Submit stiker sudah melalui platform khusus yang hanya bisa diakses melalui desktop.

Pendapatan creator tidak lagi dari hasil jual beli sticker karena memang tidak ada pembelian oleh user layaknya di LINE, sehingga pendapatan creator mutlak dari Tips pengguna.

Namun jangan khawatir, ada banyak pengguna yang entah dengan tujuan apa setiap hari selalu ngasih tips. Bahkan satu pengguna tidak hanya sekali tip, melainkan berkali-kali. Hingga saya sendiri berpikir bahwa mereka itu Bot yang sengaja dibuat untuk sebar tips secara acak. Akan tetapi jika di cek profilnya, sepertinya mereka benar pengguna yang aktif dengan foto dan aktifitasnya yang rutin dan manusiawi.

Dan di program yang berjalan saat ini, updated per maret 2021 bahwa mereka menetapkan pembayaran minimum setiap bulan senilai dengan 700 yipps atau setara dengan 1.3 juta rupiah. 

Jadi Tips yang harus diterima creator setiap bulan minimal 700 yipps untuk bisa dicairkan jika tidak mencukupi, maka pendapatan akan di konversi menjadi pecahan Yipps dalam dompet yang bisa digunakan untuk media pembayaran, namun tidak bisa dicairkan ke dalam mata uang.

Hanya bisa digunakan untuk beli pulsa jika di Indonesia.

Selain itu, creator ataupun pengguna wajib memiliki akun Ka$h dengan biaya pendaftaran senilai 20 dollar yang akan dipotong di pencairan pertama dan untuk mendaftar pengguna wajib memiliki passpor yang masih berlaku. Selain itu, tidak bisa mendaftar. 


Hmm apalagi .. ? Sepertinya sudah cukup panjang.

Oh kenapa tidak share sedari dulu ?

Penutup

Sebenarnya saya sudah share ke orang-orang terdekat dan ada beberapa yang ikut terlibat dan mendapat hasil yang lumayan, dua sodara saya sampai beli mobil.

Cuma kenapa tidak saya tulis, karena saat itu saya tidak aktif  nge-Blog dan kalaupun aktif juga tidak ada yang mencari query Yippi sepertinya. 

Apalagi saat itu yang terkenal dari Yippi adalah Investasinya yang konon sering disebut investasi bodong. Dan klaim tersebut sudah dibantah oleh pihak Yippi sih yang saya baca di sebuah web berita.

Dan ditambah lagi saya memgang omongan saya saat itu yang berjanji pada rekan saya. Beliau berpesan buat jangan cerita-cerita takutnya orang L*** ada yang tau dan beliau tidak enak. katanya.

Yasudah ...

Itu saja sih share pengalaman saya dengan Sosial Media Yippi yang masih saya jalani hingga sampai saat ini dan masih menghasilkan yang juga bisa dijalani dari rumah ditengah pandemi seperti sekarang ini dimana kita dianjurkan untuk #DirumaAja.

Dulu sekali saya pernah mendengar satu narasi yang cukup bagus menurut saya...

Catatlah setiap pencapaian anda dan semua hal yang membahagiakan. Kira kira begitu intinya.

Untuk anda yang membaca sampai baris ini, saya ucapkan terimakasih sudah berpartisipasi menekan bounce rate situs ini dan terimakasih juga sudah merelakan waktunya untuk membaca tulisan saya. 

Silahkan berikan tanggapan anda jika berkenan atau hanya sekedar meninggalkan jejak dan pastikan gunakan akun yang aktif supaya bisa di tracking.

Baik, cukup sekian dan terimakasih , Tetap sehat.