Aktivasi Hotspot eSim iPhone

Aktivasi Hotspot eSim iPhone


eSim, bukan barang baru sebenarnya, hanya saja hal ini bukan barang lama juga. 

Sebetulnya sejak jaman iPhone Xs, iPhone sudah mendukung fitur dual sim meskipun hanya memiliki satu slot sim. Dan ya, memang satu slot lainnya berupa eSim atau elektronik Sim yang fungsinya persis seperti kartu provider pada umumnya. Hanya saja bedanya, eSim tidak menggunakan kartu fisik. 

Dan bahkan iPhone belakangan ini sama sekali tidak memiliki slot kartu Sim di regional USA, saking perlunya eSim ini atau memang sudah waktunya kita meninggalkan kartu fisik untuk penggunaan Sim di smartphone. Mungkin itu merupakan langkah pengurangan limbah plastik ? 

Dan jujurly, baru beberapa bulan ini saya menggunakan fitur eSim sekedar mencoba-coba dan ya sekaligus memaksimalkan fungsi iPhone yang selama ini saya abaikan karena memang, berita terakhir yang saya peroleh beberapa waktu lalu baru Smartfren yang mendukung fitur eSim di Indonesia. Dan ya, pada akhirnya saya mencoba dan everything is working fine.

Kecuali, satu masalah baru muncul. Apa itu ? Hotspot.

Selain pengguna iphone, saat ini saya menggunakan produk Apple untuk media bekerja saya yang tentunya tidak semuanya memiliki slot Sim seperti misalnya iPad versi WiFi only dan juga MacBook. 

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah Hotspot hilang di iPhone setelah menggunakan eSim yang sebenarnya sangat sepele ini ? Mari ikuti langkahnya dibawah ini 

Pertama, silahkan masuk ke Settings di iPhone > Cellular


Lanjut pilih eSim yang kalian punya, di kasus saya berlabel Business


Kemudian klik di Cellular Data Network


Lanjut isikan data APN untuk Cellular Data sesuai provider yang kalian punya. Di kasus ini saya pakai Tri


Belum selesai, lanjut skroll kebawah ke bagian Personal Hotspot dan pada bagian APN isi dengan data yang sama dengan yang barusan tadi disesuaikan dengan provider masing-masing


Setelah itu kalian bisa kembali ke halaman utama Settings di iPhone untuk mengaktifkan fitur Personal Hotspot yang sudah muncul.

Jika terjadi kendala, silakan restart iPhone dan wallaaa, semua beres dan berfungsi normal kembali.

Beberapa web dan blog sudah banyak membagikan cara ini namun tidak lengkap dan setelah saya coba pun tidak berhasil dan cara diatas ini adalah yang 100% berhasil tanpa kendala dan sangat cepat. 

Jadi silahkan dicoba dan selamat bertethering ria !